Cara Mengamankan data bisnis dari kejahatan dunia maya

Technical Manager IT Faculty Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) Kirstin Gillon sharing strategi untuk mengamankan data-data usaha dari kejahatan dunia maya. " Pertama, melindungi supaya hal utama dalam usaha tak keluar. Perlindungan pada virus umpamanya, adalah hal paling utama saat computer terhubung dengan Internet, " tuturnya di Jakarta, Selasa.

Ia merekomendasikan beberapa pelaku bisnis senantiasa memperbarui antivirus pada piranti agar dapat mendeteksi virus-virus yang dapat membahayakan data-data usaha. Ke-2, menurutnya, pelaku bisnis baiknya konsentrasi membuat perlindungan data usaha utama, mengingat data utama dari semua piranti handphone, dan mengelompokkan data berdasar pada jenis.

Ketiga, lanjut dia, pelaku bisnis baiknya dengan cara reguler mengkopi data serta menyimpannya ditempat lain juga sebagai cadangan untuk menghadapi kemungkinan terburuk. " Itu untuk melindungi operasi saat system dalam usaha tidak berhasil, " tuturnya.

Ke empat, dia menyampaikan, pebisnis baiknya memakai tehnologi pengamanan baru lantaran tiap-tiap perubahan tehnologi juga membawa implikasi pada keamanan data.