Indonesia Pemain Penting di Peta Internet Dunia

Presiden serta CEO ICANN Fadi Chehade menilainya Indonesia mempunyai peran utama dalam peta internet dunia. " Indonesia utama lantaran negara muslim paling besar, banyak inovator ICT-nya, serta banyak aplikasi yang dihasilkan, " kata Fadi pada delegasi Indonesia di acara International Governance Komunitas (IGF) di Istanbul, Turki, Jumat (5/9).

Juga sebagai negara yang perkembangan ekonominya serta perkembangan penetrasi internet, urai Fadi, Indonesia jadi pasar utama. Jadi bakal banyak piranti yang terpakai untuk komunikasi. Jutaan piranti tersambung, mengakibatkan permasalahan sekuriti jadi utama.

" Lantaran argumen politik, mungkin berlangsung serangan ke pemakai internet Indonesia, " kata Fadi. Diluar itu juga telah jadi sisi dari hub dalam network bahkan juga dalam ekonomi serta usaha. Banyak pihak mempunyai urusan, masalah security juga jadi utama.

Dalam soal ini, ICANN siap menolong pemakai internet Indonesia untuk cyber security dalam soal DNS-sec. Pihaknya tengah dalam progress mendukung Pandi (pengelola domain) untuk mengimplementasikan DNS-sec dalam single DNS (domain name sistem).